Rabu, 07 November 2012

Sejarah manusia mengenal tulisan


Sejarah tulisan mencatat perkembangan bahasa ekspresi dengan huruf atau tanda - tanda lainnya.Sejarah mencatat bahwa bahasa telah berkembang secara berbeda pada tiap peradaban manusia. Awal mula tulisan diketahui pada masa proto dengan sistem ideografik dan simbol mnemonik. Penemuan tulisan ditemukan pada dua tempat yang berbeda: Mesopotamia (khususnya Sumer kuno) sekitar 3200 SM dan Mesoamerika sekitar 600 SM. Dua belas naskah kuno Mesoamerika diketahui berasal dari Zapotec, Meksiko. Sementara itu, tempat berkembangnya tulisan masih menjadi perdebatan antara di Mesir yaitu sekitar 3200 SM atau di China pada 1300 SM.




tradisi pada masyarakat sebelum mengenal tulisan

Tradi.si pada masyarakal sebelum mengenal lulisan berbentuk tradisi lisan, yaitu kesaksian masa lampau yang dengan sengaja diwariskan dari mulut ke mulut. Tradisi itu disampaikan melalui cerita-cerita yang disampaikan oleh orang yang dianggap tua kepada mereka yang lebih muda. Ini adalah salah satu model pendidikan pada masa itu. Tradisi itu diceritakan pada saat tertentu, misalnya pada saat pesta bulan purnama di mana seluruh warga berkumpul. Secara lebih formal, tradisi itu disampaikan pada sebuah ritual seperti kelahiran anak, inisiasi calon tetua, pemberian sesaji, dan lain-lain.

SEJARAH TULISAN

Pada jaman purba huruf belum ada namun bentuk tulisan berupa gambar ada.Tulisan pertama jaman purba disebut PIKTO artinya gambar tulisan atau tulisan dalam bentuk gambar. Seperti gambar manusia, binatang, tumbuhan dan pohon.
Setelah jaman purba berlalu muncullah bentuk tulisan yang kedua yang disebut Ideografi. Tulisan Ideografi adalah tulisan yang mengungkapkan gagasan atau cerita dalam bentuk gambar. Tulisan Ideografi muncul pada suku BANGSA AZTEK. Sedangkan di Indonesia pada jaman ini muncul tulisan Ideografi yang disebut dengan RELIEF. RELIEF ini banyak kita jumpai pada caandi Prambanan,Candi Borobudur.
Bentuk tulisan yang ketiga adalah tulisan dalam bentuk Huruf PAKU. Bentuk tulisan huruf paku ini milik BANGSA SUMERIA. Menurut sejarah huruf PAKU merupakan tulisan pertama yang berkembang di dunia.
Sebelum lanjut ke sejarah tulisan kita lihat sejarah perkembang penemuan tanaman PAPIRUS sebagai bahan dasar kertas oleh bangsa MESIR. Maka Bangsa Mesir disebut bangsa perintis dalam usaha penemuan kertas.Setelah penemuan papirus ,Orang Mesir mulai menggunakan tulisan yang di sebut HIROGLIF. Tulisan Hiroglif mesir merupakan lambang yang melukiskan pengertian. Pada Zaman yang sama dan bersama di India muncul tulisan SANSEKERTA. Tulisan snsekerta juga disebut Tulisan DEWANAGARI. Sedangkan di China berkembang tulisan berupa gambar. Gambar-gambar yang ditulis dalam bentuk lambang-lambang yang memiliki arti sebuah kata.
Perkembangan munculnya papirus sebagai bahan kertas kemudian cara dan proses pembuatan kertas disempurnakan lagi oleh Bangsa China. Munculnya tulisan Hiroglif di Mesir diikuti oleh berkembangnya tulisan Jepang yang hampir memiliki kemiripan dengan Bangsa China.
Di Indonesia berkembang pula tulisan Jawa yang sekarang masih digunakan oleh suku Jawa. Abjad dan tulisannya terkenal dengan huruf hana caraka. Tulisan Bali pun berkembang yang hampir mirip dengan tulisan Jawa.a Tulisan Jawa dan Tulisan Bali hampir sama dengan bentuk dan cara penulisannya. Mengapa demikian dasar penulisan ini didasari oleh cerita Sang Aji Saka ,Sabdapalon dan Nayagenggong. dalam peristiwa Kerajaan Medangkamulan. Sedangkan di pedalaman Rejang dan Serawai berkembang tulisan Rencong
Tulisan juga berkembang di Kawasan Punesia yang sekarang kita kenal dengan nama Libanon dan Suriah yaitu abjad punesia terdiri dari 22 huruf yang hanya huruf mati saja ( konsonan). Dari beberapa abjad punesia ini oleh orang yunani dirubah menjadi huruf hidup atau Vokal. di samping abjad punesia berkembang di Suriah juga berkembang tulisan Arab dengan gaya khusus Suriah. Bentuk huruf inilah yang kemudian menjadi huruf Islam.
Munculnya Abjad Romawi di awali dengan Ekspedisi Bangsa Romawi melakukan perluasan wilayah ( ekspansi) ke Bangsa Yunani dan Bangsa Etruska. Bangsa Etruska adalah sebutan untuk penduduk asli Bangsa Italia. Kehebatan Bangsa Romawi mempelajari mengolah kedua tulisan antara Tulisan Yunani dengan Tulisan Etruska sedemikian rupa sesuai dengan selera dan rasa seni mereka . Akhirnya lahirlah suatu tulisan baru Romawi. Tulisan ini sebenarnya sama dengan tulisan latin yang kita pakai sekarang. Abjad Romawi terdiri dari 21 huruf seperti : A,B,C,D,E,F,G,H,I,J,K,L,M,N,O,P,Q,R,S,T,U,V,W,X,Y,Z..

Abjad Romawi berkembang pesat di seluruh dunia sehingga mendorong munculnya berbagai gaya penulisan yaitu Penulisan gaya Quadrata,penulisan gaya Rustica, penulisan gaya Cursiva, penulisan gaya Uniciale,

http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_tulisan




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar